Skip to content Skip to left sidebar Skip to footer

Tips Beli Helm Yang Aman Dan Sesuai Kebutuhan

Bagi seorang biker, helm bukan hanya berperan sebagai aksesoris untuk tampil keren. Lebih dari itu, helm lah yang akan melindungi kepala dari perubahan cuaca, segala macam benturan, atau kalau terjadi insiden di jalan. Karena itu, saat beli helm perhatikan beberapa hal yang merupakan faktor penting sebuah helm. Mengetahui betapa pentingnya hal tersebut, kali ini gue akan membagikan beberapa tips yang bisa kalian gunakan. Yuk simak di bawah ini!

 

1. Tentukan Ukuran Sebelum Beli Helm

ukur lingkar kepala sebelum beli helm
Ukur lingkar kepala berikut ukuran helm yang pas

Kenyamanan adalah prioritas utama dalam memilih helm. Sebab bila terasa nggak nyaman saat dipakai ternyata bisa merusak konsentrasi dan malah mengganggu berkendara, loh. Untuk itu, pastikanlah Sobat Bikers beli helm yang berukuran pas dengan lingkar kepala kalian, sob. Cara paling gampang untuk memilihnya adalah memastikan ukurannya pas menekan bagian pipi dan dahi. Bila pelipis terasa sakit ketika dicoba, itu berarti terlalu sempit dan harus diganti.

Sebaliknya, kalian juga harus menghindari ukuran yang terlalu longgar karena dipastikan nggak bisa melindungi secara maksimal saat terjadi benturan. Apalagi,  helm yang kelewatan longgar bisa tertiup angin saat kalian menyetir dengan kecepatan tinggi!

 

2. Cek Sertifikasi Keamanan

helm dot

Helm yang dipakai haruslah berkualitas tinggi, minimal mengantongi standar DOT. Alasannya, seperti merk KYT dan MDS yang sudah sesuai standar ini berarti telah dinyatakan lulus uji produk dari National Highway Traffic Safety Association Amerika Serikat dan bisa menahan benturan hingga 250G.

Bila kalian ingin yang lebih terjamin lagi keamanannya, kalian bisa menggunakan helm yang memiliki stiker keamanan SNELL seperti Nolan, AGV, atau Airoh. Stiker ini merupakan sertifikasi lulus uji dari lembaga independen The Snell Memorial Foundation yang menetapkan standar keamanan yang dapat menyerap gaya benturan hingga 275G. Tentunya, ini super aman karena kualifikasinya sangat tinggi! Selain kedua standar internasional tersebut, pastikan juga yang kalian pilih itu lulus uji SNI ya, sob! Sebelumnya gue sudah pernah bahas soal sertifikasi helm disini.

3. Pastikan Helm Memiliki Pengunci

strap atau tali helm

Sebelum beli helm, kalian juga harus periksa keadaan strap yang mengunci di bagian dagu. Mungkin terlihat sepele, namun setiap bagian pelindung kepala ini didesain dengan tujuan spesifik. Pilihlah yang memiliki adjustable strap agar bisa disesuaikan dan melindungi dagu dari benturan atau mencegahnya terlepas dari kepala.

Di jalan raya ada banyak kejadian tak terduga yang bisa kalian alami. Jadi, demi keselamatan, pastikan kalian memilih yang punya sistem pengunci dan ingatlah untuk selalu mengunci strap sobat sebelum berkendara!

4. Beli Helm Sesuai Kebutuhan

Helm memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi. Untuk itu, kalian harus menentukan model seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan. Mungkin dari seorang pembalap, mereka membutuhkan helm full face dengan kualitas terbaik yang ringan dan nyaman dipakai. Kira-kira apa kebutuhan sobat? Apakah kalian hobi touring? Atau kalian hanya membutuhkan half face untuk kebutuhan sehari-hari? Sesuaikan bentuk dengan kebutuhan agar aktivitas bisa berjalan lancar tanpa gangguan!

 

Sumber : https://www.belipart.com/